Selasa, 10 Maret 2009

Ternak Kambing Etawa

Hari sabtu 29 maret 2008 , akhirnya jadi juga berangkat ke bogor menggantikan adikku dalam pelatihan peternakan kambing etawa perah. Banyak ilmu yang didapat dari sana dan bisa bersilaturahmi dengan temen - temen pengusaha ataupun calon pengusaha ternak kambing perah . Lumayan juga merasakan minuman SGM ( Susu Gairah Malam ) dan Susu Kolor Ijo gratis.
Ada beberapa point yg cukup berkesan
1. Awal pembukaan yang cukup menarik dari pak dwi susanto , dengan konsep bisnisnya membangun ” Peternakan Halal ” di semua bidang . Jadi komponen utama pendukung peternakannya kambing ada 3, yaitu :
- Lahan untuk menanam rumput ( pakan ternak )
Jadi harus ada lahan tersendiri untuk menghindari pencarian makannan ternak yang berasal dari milik orang lain . Sehingga menyebabkan ketidak halalan makanan kambing.
- Tempat dan Kandang

Konsepnya “Kambing perlu nyaman kayak Manusia ” mungkin kambing bisa berdoa untuk kita . Jadi bikinlah kandang senyaman mungkin dan pemilik dianjurkan merasakan dulu tidur dikandang untuk mengetahui kenyamanan kandang . Usahakan dalam kandang bisa terkena sinar matahari pagi dan sore . Dan area kandang jangan terlalu bising
- Kambing

Pemilihan induk berdasar konsentrasi bisnis kita kearah mana , Peranakan atau Susu . Untuk bisnis peranakan otomatis indukan harus bagus dan butuh dana yang bagus pula . Untuk Susu , bisa kita sesuaikan dengan budget . Konon bahkan pak dwi bisnis kambing perah pertama dari kambing budukan dan disembuhkan dulu . Otomatis lah harga sangat murah . Pemilihan bibit untuk orientasi usaha SUSU , kalau bisa kambing sudah pernah beranak 1 kali , jadi ambingnya sudah keliatan . Ambing besar bisa dipengaruhi dari keturunan atau dari rangsangan + jenis makanan kambing .
2. Konsep keterbukaan dalam usaha , artinya tidak perlu menyembunyikan resep2 khusus dalam berternak . Sharing semua ilmu yang kita punya dalam usaha berternak ini . Jika suatu saat orang bisa berhasil dari ilmu yg berasal dari kita brarti ” Ada 1 Point di Akherat kelak ” .
3. Konsep kedekatan dengan Kambing ternak
Kambing Ternak perah , bagaikan wanita karier jadi kambing karier perlu diperhatikan dalam hal penanggulangan tingkat stressnya .
- Perlakukan dengan baik dan layak termasuk dalam hal pemisahan anak
- Putarkan musik - musik seperti yang kita suka : peterpan , ungu dan group band2 lain yang baru hits.
- Kontak perasaan antara Kambing dan Anak kandang, Pemerah harus di jaga
3. Pemasaran Susu
Pangsapasar terbaik sekarang adalah “Orang Sakit ” dan orang berkemampuan menengah ke atas . Setelah itu terpenuhi baru untuk kalangan menengah kebawah ( jangan mahal2 lah sodaqoh aja kalo sama orang kurang mampu ) .
Kalo satu orang sembuh berkat susu kambing kita jadi ” Satu Point lagi ” investasi di akherat .
Untuk harga susu di peternakan pak dwi ( bogor ) = Rp. 50.000 / liter , di pasaran jogyakarta Rp. 20.000 / liter
Untuk anakan PE grade B ,C , umur 5 bulan berkisar 1 - 1,5 jt .
4. Merangsang ambing kambing supaya bisa besar

Setelah 1 kali melahirkan , ambing kambing bisa dirangsang supaya membesar dan dikemudian bisa menghasilkan susu yang banyak . Rangsangan bisa dilakukan sebelum proses pemerahan ( pagi dan sore ) . Sediakan kain lap dan airhangat sebelum memerah . Lap ambing dengan lap dan air hangat kemudian usap2 ambing kanan dan kiri untuk merangsang syaraf ambing . Ingat hanya di usap bukan di remas . Semakin sering rangsangan dilakukan hasilnya akan semakin bagus . 1 Hari bisa dapat 3 liter .
5. Pemerahan susu
Kambing perah harus senantiasa bersih dan steril , maksimal 3 hari sekali harus dimandikan dan bagian sekitar ambing harus selalu dibersihkan . Bisa perlu gunakan alkohol untuk membersihkan puting susu sesudah selesai diperah . Jangan sering2 mengganti pemerah dan usahakan keterbukaan dengan pemerah . Perasaan dan mood pemerah mempengaruhi jumlah susu yg dihasilkan. Ada baiknya di putarkan musik ketika proses pemerahan .
Susu kambing hanya bisa bertahan 6 jam tanpa dibekukan, dan bisa 6 bulan jika di bekukan.
6 . Obat - obatan hewan yang perlu disediakan
Timpanol , Sulfidon , Invomec .
7. Manfaat susu kambing
Menurut paparan pak mantri lukman , Sejak jaman rosulullah susu kambing sudah dikonsumsi di kalangan penduduk arab sebagai minuman sekaligus obat . Untuk komparasi kandungan susu kambing bisa di lihat di link berikut . Sekarang susu kambing bisa menjadi alternatif susu ( baca link susu kambing jadi pilihan ). Khasiat susu kambing diantaranya :
- Meningkatkan Kecerdasan Anak seperti halnya susu sapi
- Memperlambat osteoporosis dan meyembuhkan rematik
- Mengkatkan stamina dan mengatasi masalah impotensi
- Kesehatan kulit
- Mempercepat penyembuhan penyakit TBC / Flek paru2 , ASMA
- Menyembuhkan penyakit Thalasemia , Anemia dan Diabetes
- Rendah kolesterol , bisa di konsumsi untuk program diet
Kesan waktu kunjungan ke ladang ternak agak heran juga , kok banyak yang bukan kambing etawa ya ? pikirku . Ehm tapi ambing susu nya sudah besar2 sekali ..lihai juga yang merangsang nih . Tapi memang rasa susu etawa dan non etawa beda . Susu kambing etawa cenderung lebih kental dan gurih . Harga susu sama tapi harga anakannya berbeda .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar